RUQYAH DAN HERBAL

Menu
  • Home
  • Beli Herbal Ruqyah
  • Produk Herbal QHI
    • Herbal Madu
    • Herbal Ruqyah
    • Madu Bidara
    • Herbal
    • Testimoni
  • Kumpulan Materi
    • Ruqyah Syar'iyyah
    • Ruqyah Syirqiyyah
    • Ruqyah Massal
  • Qur'anic Healing Indonesia
    • DPW JATIM
    • DPD Bojonegoro
    • DPD Banyuwangi
    • DPD Surabaya
    • DPW JATENG
    • DPW Jakarta
  • Kabar Berita
    • Kabar Video
  • Tentang Kami
  • Surprise Me
RUQYAH MOJOKERTO JAWA TIMUR INDONESIA 03216123833-082143474433 GERAKAN JARI TELUNJUK DI DALAM MERUQYAH

GERAKAN JARI TELUNJUK DI DALAM MERUQYAH


Belajar dari ustad Muhammad Faizar



โ€˜Abdullah bin โ€˜Abbaas radliyallaahu โ€˜anhumaa

โ€˜Abdurrazzaaq rahimahullah berkata :

ุนูŽู†ู ุงู„ุซูŽู‘ูˆู’ุฑููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ุชูŽู‘ู…ููŠู…ููŠูู‘ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ุณูุฆูู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณูุŒ ุนูŽู†ู’ ุชูŽุญู’ุฑููŠูƒู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ุฅูุตู’ุจูŽุนูŽู‡ู ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ุฅูุฎู’ู„ุงุตู "

Dari Ats-Tsauriy, dari Abu Ishaaq, dari At-Tamiimiy, ia berkata : Ibnu โ€˜Abbaas pernah ditanya tentang seseorang yang menggerak-gerakkan jarinya ketika shalat, lalu ia menjawab : โ€œItu adalah keikhlasanโ€ [Al-Mushannaf, no. 3244; sanadnya shahih].

โ€˜Abdurrazzaaq mempunyai mutaabiโ€™ dari :

1. Wakii bin Al-Jarraah rahimahullah.

ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ูˆูŽูƒููŠุนูŒุŒ ุนูŽู†ู’ ุณููู’ูŠูŽุงู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ุชูŽู‘ู…ููŠู…ููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุฅูุฎู’ู„ูŽุงุตู ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ุงู„ุฏูู‘ุนูŽุงุกูŽ ุจูุงู„ู’ุฅูุตู’ุจูŽุนู "

Telah menceritakan kepada kami Wakiiโ€™, dari Sufyaan, dari Abu Ishaaq, dari Tamiimiy, dari Ibnu โ€˜Abbaas, ia berkata : โ€œItu adalah keikhlasanโ€ โ€“ yaitu doa dengan jariโ€ [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/484 no. 8515; sanadnya shahih].

2. โ€˜Abdullah bin Al-Waliid rahimahullah.

ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ุจู’ู†ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽุŒ ุซู†ุง ุฃูŽุจููˆ ุงู„ู†ูŽู‘ุตู’ุฑู ุงู„ู’ุนูุฑูŽุงู‚ููŠูู‘ุŒ ุซู†ุง ุณููู’ูŠูŽุงู†ู ุจู’ู†ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏูุŒ ุซู†ุง ุนูŽู„ููŠูู‘ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูุŒ ุซู†ุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ูˆูŽู„ููŠุฏูุŒ ุนูŽู†ู’ ุณููู’ูŠูŽุงู†ูŽุŒ ููŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ูู†ูŽู‘ (ูˆุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุงู„ุซูŽู‘ูˆู’ุฑููŠูู‘ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽุงู…ูุนูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ุชูŽู‘ู…ููŠู…ููŠูู‘ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุฏูŽุฉูุŒ ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ู‡ููˆูŽ ุงู„ุฅูุฎู’ู„ุงุตู ")

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu Bakr bin Ibraahiim : Telah menceritakan kepada kami Abun-Nashr Al-โ€˜Iraaqiy : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan bin Muhammad : Telah menceritakan kepada kami โ€˜Aliy bin Al-Hasan : Telah menceritakan kepada kami โ€˜Abdullah bin Al-Waliid, dari Sufyaan, lalu ia menyebutkannya (yaitu riwayat Ats-Tsauriy dalam Al-Jaamiโ€™, dari Abu Ishaaq, dari At-Tamiimiy โ€“ ia adalah Arbadah - , dari Ibnu โ€˜Abbaas, ia berkata : โ€œItu adalah keikhlasanโ€) [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/133 no. 2795; sanadnya dlaโ€™iif, karena kemajhulan Abun-Nashr Al-โ€˜Iraaqiy dan Sufyaan bin Muhammad].

Sufyaan mempunyai mutaabiโ€™ dari :

1. Syuโ€™bah rahimahullah.

ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจู’ู†ู ุฌูŽุนู’ููŽุฑูุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุดูุนู’ุจูŽุฉูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฃูŽุจูŽุง ุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽ ูŠูุญูŽุฏูู‘ุซู ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ุณูŽู…ูุนูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุจูŽู†ููŠ ุชูŽู…ููŠู…ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽุฃูŽู„ู’ุชู ุงุจู’ู†ูŽ ุนูŽุจูŽู‘ุงุณู ุนูŽู†ู’ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ุจูุฅูุตู’ุจูŽุนูู‡ู ู‡ูŽูƒูŽุฐูŽุง ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ุฐูŽุงูƒูŽ ุงู„ู’ุฅูุฎู’ู„ูŽุงุตู "

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Jaโ€™far : Telah menceritakan kepada kami Syuโ€™bah, ia berkata : Aku mendengar Abu Ishaaq menceritakan bahwasannya ia mendengar seorang laki-laki dari Bani Tamiim yang berkata : Aku pernah bertanya kepada Ibnu โ€˜Abbaas tentang doa seseorang dengan jarinya begini โ€“ yaitu dalam shalat - . Ia berkata : โ€œItu merupakan keikhlasanโ€ [Diriwayatkan oleh Ahmad 5/57; sanadnya shahih].

2. Al-Aโ€™masy rahimahullah.

ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ุญูŽุงููุธูุŒ ุซู†ุง ุฃูŽุจููˆ ุงู„ู’ุนูŽุจูŽู‘ุงุณู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจู’ู†ู ูŠูŽุนู’ู‚ููˆุจูŽุŒ ุซู†ุง ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ุฌูŽุจูŽู‘ุงุฑูุŒ ุซู†ุง ุงุจู’ู†ู ููุถูŽูŠู’ู„ูุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุดูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุฅูุณู’ุญูŽุงู‚ูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู’ุนูŽูŠู’ุฒูŽุงุฑูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูุฆูู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณู ุนูŽู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ูŠูŽุฏู’ุนููˆูŠูุดููŠุฑู ุจูุฃูุตู’ุจูุนูู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณู: " ู‡ููˆูŽ ุงู„ุฅูุฎู’ู„ุงุตู "

Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin โ€˜Abdillah Al-Haafidh : Telah menceritakan kepada kami Abul-โ€˜Abbaas Muhammad bin Yaโ€™quub : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin โ€˜Abdil-Jabbaar : Telah menceritakan kepada kami Ibnu Fudlail, dari Al-Aโ€™masy, dari Abu Ishaaq, dari Al-โ€˜Aizaar, ia berkara : Ibnu โ€˜Abbaas pernah ditanya tentang seseorang yang berdoa dengan berisyarat dengan jarinya, maka ia menjawab : โ€œItu adalah keikhlasanโ€ [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/133 no. 2794; sanadnya dlaโ€™iif, karena โ€˜anโ€™anah Al-Aโ€™masy dan kelemahan Ahmad bin โ€˜Abdil-Jabbaar Al-โ€˜Uthaaridiy].

Penyebutan Al-โ€˜Aizaar dalam sanad di atas keliru, karena yang benar โ€“ wallaahu aโ€™lamโ€“ adalah Arbadah At-Tamiimiy sebagaimana riwayat sebelumnya. Kekeliruan ini kemungkinan besar berasal dari Ahmad bin โ€˜Abdil-Jabbaar.

Ibnul-Mundzir rahimahullah berkata :

ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฑููˆูู‘ูŠู†ูŽุงุŒ ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณูุŒ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุชูŽุญู’ุฑููŠูƒู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ุฃูุตู’ุจูุนูŽู‡ู ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ุฐูŽุงูƒูŽ ุงู„ุฅูุฎู’ู„ุงุตู "

โ€œDan telah diriwayatkan kepada kami dari Ibnu โ€˜Abbaas, bahwasannya ia berkata : โ€œSeseorang menggerak-gerakkan jarinya ketika shalat, itu merupakan keikhlasanโ€ [Al-Ausath, no. 1535].

Mujaahid bin Jabr Al-Makkiy rahimahullah

โ€˜Abdurrazzaaq rahimahullah berkata :

ุนูŽู†ู ุงู„ุซูŽู‘ูˆู’ุฑููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ุงู„ุฃูŽุณู’ูˆูŽุฏูุŒ ุนูŽู†ู’ ู…ูุฌูŽุงู‡ูุฏูุŒ ู‚ุงู„: " ุชูŽุญู’ุฑููŠูƒู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ุฅูุตู’ุจูŽุนูŽู‡ู ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู ู…ูู‚ู’ู…ูุนูŽุฉูŒ ู„ูู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู "

Dari Ats-Tsauriy, dari โ€˜Utsmaan bin Al-Aswad, dari Mujaahid, ia berkata : โ€œSeseorang yang menggerak-gerakkan jarinya ketika shalat adalah alat pemukul buat setanโ€ [Al-Mushannafno. 3245; sanadnya shahih].

Ats-Tsauriy mempunyai mutaabiโ€™ dari Hafsh bin Ghiyaats rahimahumallah.

ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุญูŽูู’ุตู ุจู’ู†ู ุบููŠูŽุงุซูุŒ ุนูŽู†ู’ ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุฃูŽุณู’ูˆูŽุฏูุŒ ุนูŽู†ู’ ู…ูุฌูŽุงู‡ูุฏูุŒ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ุงู„ุฏูู‘ุนูŽุงุกู ู‡ูŽูƒูŽุฐูŽุงุŒ ูˆูŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุจูุฅูุตู’ุจูŽุนู ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉูุŒ ู…ูŽู‚ู’ู…ูŽุนูŽุฉูŒ ู„ูู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู "

Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyaats, dari โ€˜Utsmaan bin Al-Aswad, dari Mujaahid, bahwasannya ia berkata : โ€œBerdoa dengan cara begini โ€“ dan ia berisyarat dengan satu jarinya โ€“ adalah alat pemukul buat setanโ€ [Al-Mushannaf, 2/484].

Dibawakan juga oleh Al-Baihaqiy rahimahullah, dimana ia berkata :

ูˆูŽุฑููˆูู‘ูŠู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ ู…ูุฌูŽุงู‡ูุฏูุŒ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุชูŽุญู’ุฑููŠูƒู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ุฃูุตู’ุจูุนูŽู‡ู ูููŠ ุงู„ู’ุฌูู„ููˆุณู ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงุฉู ู…ูู‚ู’ู…ูุนูŽุฉูŒ ู„ูู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ู

โ€œDan telah diriwayatkan kepada kami dari Mujaahid, bahwasannya ia berkata : โ€œSeseorang yang menggerak-gerakkan jarinya ketika duduk dalam shalat merupakan alat pemukul buat setanโ€ [Al-Kubraa, 2/132].

Komentar :

Riwayat Ibnu โ€˜Abbaas dan Mujaahid ini menunjukkan bahwa menggerak-gerakkan jari (tahriik) saat tasyahud dalam shalat telah dilakukan oleh salaf kita. Selain itu, riwayat di atas juga memberikan faedah bahwa lafadh isyarat (dengan jari) tidaklah bertentangan dengan lafah tahriik (menggerak-gerakkan), sebab jalan-jalan riwayat di atas saling menafsirkan. Tahriik merupakan lafadh yang lebih khusus daripada isyarat.

Berikut beberapa hadits yang menjelaskan pemahaman tersebut :

ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ูุŒ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ูŠูŽุฒููŠุฏู ุจู’ู†ู ู‡ูŽุงุฑููˆู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฒููŠูŽุงุฏู ุจู’ู†ู ุนูู„ูŽุงู‚ูŽุฉูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุจูู†ูŽุง ุงู„ู’ู…ูุบููŠุฑูŽุฉู ุจู’ู†ู ุดูุนู’ุจูŽุฉูŽ ููŽู„ูŽู…ูŽู‘ุง ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู‚ูŽุงู…ูŽ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฌู’ู„ูุณู’ ููŽุณูŽุจูŽู‘ุญูŽ ุจูู‡ู ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽู„ู’ููŽู‡ูุŒ ููŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ู‚ููˆู…ููˆุงุŒ ููŽู„ูŽู…ูŽู‘ุง ููŽุฑูŽุบูŽ ู…ูู†ู’ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ู ุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูˆูŽุณูŽุฌูŽุฏูŽ ุณูŽุฌู’ุฏูŽุชูŽูŠู ุงู„ุณูŽู‘ู‡ู’ูˆู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‡ูŽูƒูŽุฐูŽุง ุตูŽู†ูŽุนูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ "

Telah menceritakan kepada kami โ€˜Abdullah bin โ€˜Abdirrahmaan : Telah mengkhabarkan kepada kami Yaziid bin Haaruun, dari Al-Masโ€™uudiy, dari Ziyaad bin โ€˜Alaaqah, ia berkata : Al-Mughiirah bin Syuโ€™bah pernah shalat bersama kami. Ketika telah mendapatkan dua rakaโ€™at, ia berdiri tanpa duduk (tasyahud). Orang-orang di belakangnya mengucapkantasbih (untuk mengingatkannya). Namun ia berisyarat kepada mereka agar berdiri. Ketika menyelesaikan shalatnya, ia mengucapkan salam, lalu sujud sahwi dua rakaโ€™at, lalu salam lagi. Ia berkata : โ€˜Beginilah yang dilakukan Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallamโ€ [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 333; dan ia berkata : โ€œHasan shahihโ€].

Isyarat Al-Mughiirah ini dipahami sambil menggerak-gerakkan tangannya agar orang-orang bangkit berdiri.

ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุดูŽูŠู’ุจูŽุฉูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุฌูŽุฑููŠุฑูŒุŒ ุนูŽู†ู’ ู…ูŽู†ู’ุตููˆุฑูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ูˆูŽุงุฆูู„ูุŒ ุนูŽู†ู’ ุญูุฐูŽูŠู’ููŽุฉูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูู†ููŠ ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู†ูŽุชูŽู…ูŽุงุดูŽู‰ุŒ ููŽุฃูŽุชูŽู‰ ุณูุจูŽุงุทูŽุฉูŽ ู‚ูŽูˆู’ู…ู ุฎูŽู„ู’ููŽ ุญูŽุงุฆูุทูุŒ ููŽู‚ูŽุงู…ูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽู‚ููˆู…ู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ููŽุจูŽุงู„ูŽุŒ ููŽุงู†ู’ุชูŽุจูŽุฐู’ุชู ู…ูู†ู’ู‡ูุŒ ููŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุฅูู„ูŽูŠูŽู‘ ููŽุฌูุฆู’ุชูู‡ูุŒ ููŽู‚ูู…ู’ุชู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุนูŽู‚ูุจูู‡ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ููŽุฑูŽุบูŽ "

Telah menceritakan kepada kami โ€˜Utsmaan bin Abi Syaibah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Jariir, dari Manshuur, dari Abu Waail, dari Hudzaifah, ia berkata : โ€œAku berjalan-jalan bersama Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam. Lalu beliau mendatangi tempat sampah suatu kaum yang ada di belakang tembok. Beliau berdiri sebagaimana berdirinya salah seorang di antara kalian, dan kemudian kencing. Lalu aku menjauh dari beliau, namun beliau berisyarat agar aku mendekat. Aku pun mendekat dan berdiri di belakang beliau hingga beliau selesaiโ€ [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 225].

Isyarat Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam kepada Hudzaifah ini dipahami dengan menggerak-gerakkan tangan beliau agar ia mendekat.

ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ูŠููˆุณูููŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ู…ูŽุงู„ููƒูŒุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุญูŽุงุฒูู…ู ุจู’ู†ู ุฏููŠู†ูŽุงุฑูุŒ ุนูŽู†ู’ ุณูŽู‡ู’ู„ู ุจู’ู†ู ุณูŽุนู’ุฏู ุงู„ุณูŽู‘ุงุนูุฏููŠูู‘ุŒ " ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุจูŽู†ููŠ ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ุนูŽูˆู’ูู ู„ููŠูุตู’ู„ูุญูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ุŒ ููŽุญูŽุงู†ูŽุชู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ููŽุฌูŽุงุกูŽ ุงู„ู’ู…ูุคูŽุฐูู‘ู†ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุจููŠ ุจูŽูƒู’ุฑูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽุชูุตูŽู„ูู‘ูŠ ู„ูู„ู†ูŽู‘ุงุณู ููŽุฃูู‚ููŠู…ูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู†ูŽุนูŽู…ู’ุŒ ููŽุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ููŽุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูˆูŽุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ููŽุชูŽุฎูŽู„ูŽู‘ุตูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูˆูŽู‚ูŽููŽ ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ููู‘ุŒ ููŽุตูŽููŽู‘ู‚ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ู„ูŽุง ูŠูŽู„ู’ุชูŽููุชู ูููŠ ุตูŽู„ูŽุงุชูู‡ูุŒ ููŽู„ูŽู…ูŽู‘ุง ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ุงู„ุชูŽู‘ุตู’ูููŠู‚ูŽ ุงู„ู’ุชูŽููŽุชูŽ ููŽุฑูŽุฃูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ููŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฃูŽู†ู ุงู…ู’ูƒูุซู’ ู…ูŽูƒูŽุงู†ูŽูƒูŽ

Telah menceritakan kepada kami โ€˜Abdullah bin Yuusuf, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Maalik, dari Abu Haazim bin Diinaar, dari Sahl bin Saโ€™d As-Saaโ€™idiy : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam pergi menemui Bani โ€˜Amru bin โ€˜Auf untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di antara mereka. Tiba lah waktu shalat. Lalu seorang muadzdzin menemui Abu Bakr dan berkata : โ€œApakah engkau akan mengimami shalat orang-orang sehingga aku bacakan iqamatnya ?โ€. Abu Bakr menjawab : โ€œYaโ€. Abu Bakr shalat. Kemudian datanglah Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam yang waktu itu orang-orang masih dalam keadaan shalat. Beliau shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam bergabung masuk ke dalam shaff. Orang-orang bertepuk tangan, dan Abu Bakr tidak menoleh dalam shalatnya. Ketika banyak orang yang bertepuk tangan, maka ia pun menoleh dan melihat Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam. Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam berisyaratkepadanya agar ia tetap ada di tempatnya (sebagai imam)...โ€ [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 684].

Isyarat Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam dalam hadits di atas dipahami dengan menggerak-gerakkan tangannya (agar Abu Bakr radliyallaahu โ€˜anhu ada di tempatnya).

Jika demikian, sama halnya dengan hadits tahriik yang diriwayatkan oleh Waail bin Hujr dari jalan Zaaidah bin Qudaamah rahimahullah :

ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุณููˆูŽูŠู’ุฏู ุจู’ู†ู ู†ูŽุตู’ุฑูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽู†ู’ุจูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฒูŽุงุฆูุฏูŽุฉูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุนูŽุงุตูู…ู ุจู’ู†ู ูƒูู„ูŽูŠู’ุจูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ููŠ ุฃูŽุจููŠุŒ ุฃูŽู†ูŽู‘ ูˆูŽุงุฆูู„ูŽ ุจู’ู†ูŽ ุญูุฌู’ุฑูุŒ: ู‚ูู„ู’ุชู: ู„ูŽุฃูŽู†ู’ุธูุฑูŽู†ูŽู‘ ุฅูู„ูŽู‰ ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูƒูŽูŠู’ููŽ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠุŸ ููŽู†ูŽุธูŽุฑู’ุชู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ููŽูˆูŽุตูŽููŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุนูŽุฏูŽ ูˆูŽุงูู’ุชูŽุฑูŽุดูŽ ุฑูุฌู’ู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนูŽ ูƒูŽููŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ููŽุฎูุฐูู‡ู ูˆูŽุฑููƒู’ุจูŽุชูู‡ู ุงู„ู’ูŠูุณู’ุฑูŽู‰ุŒ ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ุญูŽุฏูŽู‘ ู…ูุฑู’ููŽู‚ูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽูŠู’ู…ูŽู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ููŽุฎูุฐูู‡ู ุงู„ู’ูŠูู…ู’ู†ูŽู‰ุŒ ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุจูŽุถูŽ ุงุซู’ู†ูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตูŽุงุจูุนูู‡ู ูˆูŽุญูŽู„ูŽู‘ู‚ูŽ ุญูŽู„ู’ู‚ูŽุฉู‹ุŒ ุซูู…ูŽู‘ ุฑูŽููŽุนูŽ ุฃูุตู’ุจูุนูŽู‡ู ููŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูู‡ู ูŠูุญูŽุฑูู‘ูƒูู‡ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ุจูู‡ูŽุง "

Telah mengkhabarkan kepada kami kami Suwaid bin Nashr, ia berkata : Telah memberitakan kepada kami โ€˜Abdullah bin Al-Mubaarak, dari Zaaidah bin Qudaamah, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami โ€˜Aashim bin Kulaib, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Bahwasannya Waail bin Hujr berkata : Sungguh aku akan melihat shalat Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam, bagaimana beliau shalat ?. Aku pun melihat beliau โ€“ lalu ia (Waail) menyifatkannya - : โ€œKemudian beliau duduk dengan membentangkan kaki kirinya, meletakkan telapak tangan kiri di atas paha dan lutut sebelah kiri. Lalu meletakkan siku kanannya di atas paha kanan, kemudian menggenggam dua jarinya dan membuat lingkaran, kemudian mengangkat jarinya, dan aku melihat beliaumenggerak-gerakkannya dan berdoa dengannyaโ€ [Diriwayatkan oleh An-Nasaaโ€™iy no. 1268 secara ringkas dengan sanad shahih].

Diriwayatkan dari beberapa jalan yang semuanya berasal dari Zaaidah bin Qudaamahrahimahullah.

Sebagian ulama mengatakan bahwa tambahan lafadh : โ€˜menggerak-gerakkannya dan berdoa dengannyaโ€™ adalah tambahan yang syaadz, karena menyelisihi banyak perawi, dimana mereka semua tidak menyebutkan tambahan tersebut[1]. Secara ringkas taโ€™liltersebut dijawab sebagai berikut :

1. Tambahan itu dibawakan oleh Zaaidah bin Qudaamah Ats-Tsaqafiy, Abush-Shalt Al-Kuufiy (ุฒุงุฆุฏุฉ ุจู† ู‚ุฏุงู…ุฉ ุงู„ุซู‚ููŠ ุŒ ุฃุจูˆ ุงู„ุตู„ุช ุงู„ูƒูˆููŠ); seorang yang tsiqah, tsabat, shaahibus-sunnah. Termasuk thabaqah ke-7, dan wafat tahun 160 H atau setelahnya. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaaโ€™iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 333 no. 1993].

Tautsiq ini termasuk jenis tautsiq dalam martabat yang tinggi dalam jarh wa taโ€™dil. Abu Haatim dan Al-โ€˜Ijliy berkata : โ€œTsiqah, shaahibus-sunnahโ€. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat dan berkata : โ€œTermasuk di antara huffaadh yangmutqinโ€. Abu Zurโ€™ah, An-Nasaaโ€™iy, Ibnu Maโ€™iin, Al-Fasawiy, dan Yaโ€™quub bin Syaibah berkata : โ€œTsiqahโ€. Abu โ€˜Abdillah Al-Haakim berkata : โ€˜Tsiqah maโ€™muunโ€. Ahmad bin Hanbal berkata : โ€œTermasuk di antara orang-orang yang tsabt dalam haditsโ€. Ad-Daaruquthniy berkata : โ€œTermasuk di antara para imam yang tsabtโ€. Hammad bin Usaamah berkata : โ€œIa adalah orang yang yang paling jujur dan paling baikโ€. Ibnu Saโ€™d berkata : โ€œTsiqah maโ€™muun, shaahibus-sunnahโ€. Adz-Dzuhliy berkata : โ€œTsiqah lagihaafidhโ€™.

Termasuk syarat diterimanya ziyaadah adalah sifat tsiqah dan dlabth yang dimiliki oleh perawi. Persyaratan ini dimiliki oleh Zaaidah.

2. Ziyaadah (tahriik) ini tidaklah bertentang dan menafikkan riwayat jumhur yang menyebutkan dengan lafadh isyarat. Dan ini telah lewat pembahasannya di atas. Ibnu Shalah telah menjelaskan pembagian jenis-jenis ziyaadats-tsiqaat ini dalam kitabโ€˜Ulumul-Hadiits[2] hal. 77-78.

3. Jika dikatakan bahwa ziyaadah ini syaadz karena men-taqyiid kemutlakan lafadhisyarat; maka pendapat yang raajih, sifat ziyaadah seperti ini diterima. Ini adalah madzhab beberapa ulama mutaqaddimiin. Berikut contohnya :

ูˆุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุฒูู‡ูŽูŠู’ุฑู ุจู’ู†ู ุญูŽุฑู’ุจูุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุฅูุณู’ู…ูŽุงุนููŠู„ ุจู’ู†ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ู‡ูุดูŽุงู…ู ุจู’ู†ู ุญูŽุณูŽู‘ุงู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจู’ู†ู ุณููŠุฑููŠู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…: " ุทูŽู‡ููˆุฑู ุฅูู†ูŽุงุกู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ุŒ ุฅูุฐูŽุง ูˆูŽู„ูŽุบูŽ ูููŠู‡ู ุงู„ู’ูƒูŽู„ู’ุจูุŒ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุบู’ุณูู„ูŽู‡ู ุณูŽุจู’ุนูŽ ู…ูŽุฑูŽู‘ุงุชูุŒ ุฃููˆู„ูŽุงู‡ูู†ูŽู‘ ุจูุงู„ุชูู‘ุฑูŽุงุจู "

Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb : Telah menceritakan kepada kami Ismaaโ€™iil bin Ibraahiim, dari Hisyaam bin Hassaan, dari Muhammad bin Siiriin, dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam :โ€œSucinya bejana salah seorang di antara kalian jika dijilat anjing adalah dicuci sebanyak tujuh kali dan awalnya dengan tanahโ€ [Diriwayatkan oleh Muslim no. 279].

Muhammad bin Siiriin menyelisihi ashhaab Abu Hurairah dengan menyebutkan tambahan lafadh โ€˜dan awalnya dengan tanahโ€™. Abu Daawud berkata :

ูˆูŽุฃูŽู…ูŽู‘ุง ุฃูŽุจููˆ ุตูŽุงู„ูุญูุŒ ูˆูŽุฃูŽุจููˆ ุฑูŽุฒููŠู†ูุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุนู’ุฑูŽุฌูุŒ ูˆูŽุซูŽุงุจูุชูŒ ุงู„ู’ุฃูŽุญู’ู†ูŽููุŒ ูˆูŽู‡ูŽู…ูŽู‘ุงู…ู ุจู’ู†ู ู…ูู†ูŽุจูู‘ู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุจููˆ ุงู„ุณูู‘ุฏูู‘ูŠูู‘ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ูุŒ ุฑูŽูˆูŽูˆู’ู‡ูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑููˆุง ุงู„ุชูู‘ุฑูŽุงุจูŽ

โ€œAdapun Abu Shaalih, Abu Raziin, Al-Aโ€™raj, Tsaabit Al-Ahnaf, Hammaam bin Munabbih, dan Abus-Suddiy โ€˜Abdurrahmaan meriwayatkan dari Abu Hurairah tanpa menyebutkan : โ€˜(mencucinya dengan) tanahโ€™ [As-Sunan no. 73].

Tambahan yang dibawakan Ibnu Siiriin ini juga dishahihkan Ad-Daaruquthniy dalamSunan-nya. Tambahan ini mengkonsekuensikan pentaqyidan lafadh mutlak mencuci sebanyak tujuh kali โ€“ yaitu awalnya dengan tanah.

Contoh lain :

ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ูŠููˆุณูููŽุŒ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ู…ูŽุงู„ููƒูŒุŒ ุนูŽู†ู’ ู†ูŽุงููุนูุŒ ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู… " ููŽุฑูŽุถูŽ ุฒูŽูƒูŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ุตูŽุงุนู‹ุง ู…ูู†ู’ ุชูŽู…ู’ุฑู ุฃูŽูˆู’ ุตูŽุงุนู‹ุง ู…ูู†ู’ ุดูŽุนููŠุฑู ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุญูุฑูู‘ ุฃูŽูˆู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุฐูŽูƒูŽุฑู ุฃูŽูˆู’ ุฃูู†ู’ุซูŽู‰ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ "

Telah menceritakan kepada kami โ€˜Abdullah bin Yuusuf : Telah mengkhabarkan kepada kami Maalik, dari Naafiโ€™, dari Ibnu โ€˜Umar radliyallaahu โ€˜anhumaa : Bahwasannya Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa salam telah mewajibkan zakat fithr di bulan Ramadlaan kepada setiap orang baik yang merdeka, budak, laki-laki, ataupun perempuan dari kalangan kaum muslimin [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1504].

Maalik bin Anas meriwayatkan tambahan โ€˜dari kalangan kaum musliminโ€™ dimana ia menyelisihi ashhaab Naafiโ€™ yang lain. At-Tirmidziy rahimahullah berkata :

ูˆูŽุฑูŽูˆูŽู‰ ู…ูŽุงู„ููƒูŒุŒ ุนูŽู†ู’ ู†ูŽุงููุนูุŒ ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽุŒ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู… ู†ูŽุญู’ูˆูŽ ุญูŽุฏููŠุซู ุฃูŽูŠูู‘ูˆุจูŽุŒ ูˆูŽุฒูŽุงุฏูŽ ูููŠู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽุŒ ูˆูŽุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุบูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽุงุญูุฏู ุนูŽู†ู’ ู†ูŽุงููุนูุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู’ ูููŠู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽุŒ ูˆูŽุงุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’: ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ุนูŽุจููŠุฏูŒ ุบูŽูŠู’ุฑู ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูุคูŽุฏูู‘ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑูุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ู…ูŽุงู„ููƒูุŒ ูˆูŽุงู„ุดูŽู‘ุงููุนููŠูู‘ุŒ ูˆูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽุŒ ูˆู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’: ูŠูุคูŽุฏูู‘ูŠ ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ููˆุง ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ุซูŽู‘ูˆู’ุฑููŠูู‘ุŒ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒูุŒ ูˆูŽุฅูุณู’ุญูŽุงู‚

โ€œDan telah diriwayatkan oleh Maalik, dari Naafiโ€™, dari Ibnu โ€˜Umar, dari Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam semisal hadits Ayyuub, dan ditambahan padanya lafadh : โ€˜minal-muslimiin (dari kalangan kaum muslimin)โ€™. Dan telah diriwayatkan lebih dari seorang dari Naafiโ€™ tanpa menyebutkan padanya lafadh : minal-muslimiin. Para ulama berbeda pendapat tentang hal ini. Sebagian di antara mereka berkata : Jika seseorang memiliki budak-budak non muslim (kafir), maka tidak wajib baginya membayar zakat fithri. Ini adalah pendapat Maalik, Asy-Syaafi'iy, dan Ahmad. Dan sebagian yang lain berkata : Wajib bagi seseorang membayar zakat fithri budak-budak mereka walaupun mereka dari kalangan non muslim. Ini adalah pendapat Ats Tsauriy, Ibnul-Mubaarak, dan Ishaaqโ€ [As-Sunan no. 676].

Perkataan At-Tirmidziy rahimahullah tersebut di atas memberikan satu faedah bahwaziyaadah lafadh โ€˜minal-muslimiinโ€™ itu memberikan taqyiid atas kemutlakan perintah membayar zakat sehingga menghasilkan kesimpulan hukum tersendiri sebagaimana dijelaskan para ulama kita.

Ringkas kata, amalan tahriik ketika tasyahud dalam shalat adalah shahih ternukil dari salaf, dan juga dari sunnah Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam.

Ini saja yang dapat dituliskan, semoga ada manfaatnya. Wallaahu aโ€™lam bish-shawwaab.

[abul-jauzaaโ€™ โ€“ perum ciper, ciapus, ciomas, bogor - dikoreksi tanggal 24-02-2012 pukul 23:12 WIB].

NB : Pembahasan tentang ziyaadatuts-tsiqaat tidaklah sesederhana yang terkemas dalam pembahasan ini. Ada perbedaan pendapat di sana, baik dari kalangan mutaqaddimiinmaupun mutaโ€™akhkhiriin, muhadditsiin maupun fuqahaaโ€™. Di antara referensi yang dapat dibaca dalam permasalahan ini antara lain :

1. Al-Bisyaarah fii Syudzuudzi Tahriikil-Ushbuโ€™ fit-Tasyahhud wa Tsubuutil-Isyaarah karya Abul-Mundzir Ahmad bin Saโ€™iid Al-Yamaaniy (taqdiim : Muqbil bin Hadiy Al-Wadiiโ€™iy).

2. Rafโ€™ul-Malaam โ€˜an Man Harraka Ashbaโ€™ahu minat-Tahiyyaati ilas-Salaam, wa Maโ€™ahu Ar-Radd โ€˜alaa Risaalah : Al-Bisyaarah karya Abu Asmaaโ€™ Al-Mishriy (taqdiim : Masyhur Hasan Salmaan & โ€˜Aliy Al-Halabiy).

3. Al-Aqwaalur-Raajihaat fil-Hadiits Asy-Syaadz wa Ziyaadatits-Tsiqaat karya Abu Hurairah Asy-Syaamiy Al-Atsariy (taqdiim : Majdiy bin Muhammad โ€˜Arafaat Al-Mishriy).

4. Ziyaadatuts-Tsiqaat wa Mauqiful-Muhadditsiin wal-Fuqahaaโ€™ minhaa oleh Nuurullah Syaukat (desertasi S3 Univ. Ummul-Qurraโ€™).

[1] Bisa dibaca dalam kitab Al-Bisyaarah fii Syudzuudzi Tahriikil-Ushbuโ€™ fit-Tasyahhud wa Tsubuutil-Isyaarah karya Abul-Mundzir Ahmad bin Saโ€™iid Al-Yamaaniy.

[2] Melalui perantaraan kitab Ziyaadatuts-Tsiqaat wa Mauqiful-Muhadditsiin wal-Fuqahaaโ€™ minhaa oleh Nuurullah Syaukat, 1/103-104.
Add Comment
RUQYAH MOJOKERTO JAWA TIMUR INDONESIA 03216123833-082143474433
Sunday, September 7, 2014
  • Tweet
  • Share
  • Share
  • Share
  • Share

Related Posts

  • TESTIMONI HERBAL RUQYAH Meruqyah anak DukunOleh, Abdul HamidKisah ini bermula sewaktu ana meruqyah satu sekolah ,s
  • Manfaat Daun, Buah, Biji ,Kulit Rambutan Alhamdulillah sekarang musim buah Rambutan dimana setiap tahun buah ini selalu panen raya, di mana
  • PELATIHAN RUQYAH DI PANGKALAN BUN KALIMANTAN TENGAH PELATIHAN RUQYAH DAN TFT GRATIS SELAMA 2 HARI Datang di Kalimantan TengahHari. Sabtu - Min
  • MENGENAL DUA DIANTARA MAKAR-MAKAR JIN TERHADAP PASIENMENGENAL DUA DIANTARA MAKAR-MAKAR JIN TERHADAP PASIEN Oleh Ustad Salahudin Sunan Al-sasaki ุจ&
ruqyah syar'iyyah athallah
Post a Comment

Total Tayangan Laman

  • 2757

  • 116

Weekly Posts

  • Jual Bibit Kratom / Ketum / Purik
    Jual Bibit Kratom / Ketum / Purik
    Jual Bibit Kratom / Ketum / Purik  Bismillah Insya Allah team kami adalah supplier terbaik dan paling terpercaya  yang berpusat di Kalimanta...
  • KENAPA ORANG YANG DIRUQYAH MENANGIS?
    KENAPA ORANG YANG DIRUQYAH MENANGIS?
    KENAPA ORANG YANG DIRUQYAH MENANGIS? ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู… ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠ ุจู†ุนู…ุชู‡ ุชุชู… ุงู„ุตุงู„ุญุงุช ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุงุดุฑู ุงู„ุงู†ุจูŠุงุก ูˆุงู„ู…ุฑุณู„ูŠ...
  • "DIRUQYAH KENTUT"
    "DIRUQYAH KENTUT"
    Oleh  Mukhtar Ibnu Kholil   Kemarin ada 3 orang PNS di salah satu puskesmas cilegon ingin diruqyah, dua sudah berkeluarga satu ...
  • MACAM-MACAM HIZIB SYIRIK
    MACAM-MACAM HIZIB SYIRIK
    Oleh; Perdana Akhmad Seorang peruqyah syar'iyyah dilarang keras ketika menerapi pasiennya meenggunakan dan mengamalkan beragam hi...
  • MENGUAP  DIBARENGI KELUARNYA AIR MATA
    MENGUAP DIBARENGI KELUARNYA AIR MATA
    MENGUAP DIBARENGI KELUARNYA AIR MATA Ustad ; Salahudin Sunan Al-sasaki ๏บ๏ปŸ๏บค๏ปค๏บช ๏ปŸ๏ป ๏ปช ๏บ๏ปŸ๏บฌ๏ปฑ ๏บ‘๏ปจ๏ปŒ๏ปค๏บ˜๏ปช ๏บ—๏บ˜๏ปข ๏บ๏ปŸ๏บผ๏บŽ๏ปŸ๏บค๏บŽ๏บ• ๏ปญ๏บ๏ปŸ๏บผ๏ปผ๏บ“ ๏ปญ๏บ๏ปŸ๏บด๏ปผ๏ปก ๏ป‹๏ป ๏ปฐ ๏บ๏บท๏บฎ๏ป‘ ๏บ๏ปป๏ปง๏บ’๏ปด๏บŽ๏บ€ ...
  • GANDARUSA UNTUK TERAPI SIHIR
    GANDARUSA UNTUK TERAPI SIHIR
    Gandarusa merupakan famili dari tumbuhan Acanthaceae serta memiliki nama latin Gendarussa vulgaris Nees. Nama gandarusa disetiap da...
  • 100 TATA TERTIB JAM'IYYAH THABIB ASWAJA  ( JTA )
    100 TATA TERTIB JAM'IYYAH THABIB ASWAJA ( JTA )
    100 TATA TERTIB JAM'IYYAH THABIB ASWAJA  ( JTA ) 1. Meyakini Bahwa Alloh sebagai sang penyembuh, bukan pada teknik dan sang Thabibnya ( ...
  • MERUQYAH DENGAN PERJANJIAN NABI SULAIMAN
    MERUQYAH DENGAN PERJANJIAN NABI SULAIMAN
    Di tulis oleh, Subur Diaul Haq Ruqyah ini kusus bagi jin yang zdolim dan membangkang, dengan izin Allah di beri kesembuhan yang sempurna...
  • Hizib Mnegundang Khodam
    Hizib Mnegundang Khodam
    MENJAWAB PERTANYAAN โ€œHizib mengundang khodam ? Orang bertariqah diruqyah kesurupan..โ€ Saya yang dhaif ini akan menjawab dua pertanyaan yang...
  • KANDUNGAN KIMIA DAUN BIDARA
    KANDUNGAN KIMIA DAUN BIDARA
    Ustad โ€‹ Nailah Bahdar Tinjauan tentang Bidara/Sidr/Zizyphus spina-christi Artikel ini adalah serangkaian penelitian tanaman bidara yang...

Label

  • Buku Ruqyah
  • DPW Jateng
  • Herbal
  • Herbal Madu
  • Herbal Ruqya Indnesia
  • Herbal Ruqyah
  • Kabar berita
  • Kumpulan Materi
  • Madu bidara
  • Madu Ruqyah
  • Pelatihan Ruqyah
  • Pelatihan Thibunnabawi
  • Produk Herbal QHI
  • Qolbun Neema
  • Resep
  • Ruqyah
  • RUQYAH DAN HERBAL
  • Ruqyah Massal
  • RUQYAH MOJOKERTO DAN SEKITARNYA; 03216123833-082143474433
  • RUQYAH MOJOKERTO DAN SEKITARNYA; 082143474433
  • RUQYAH MOJOKERTO JAWA TIMUR INDONESIA 03216123833-082143474433
  • Ruqyah Syar'iyyah
  • Ruqyah Syirqiyah
  • Sabun Herbal
  • Tentang Kami
  • testimonial
  • Video

Contact

Name

Email *

Message *

PARTNERS

visitor

Flag Counter
Copyright ยฉ 2014 RUQYAH DAN HERBAL All Right Reserved
Blogger Templates Created by Arlina Design
Menyajikan info bisnis, wirausaha, ilmu pengetahuan serta berita berita menarik