Hanya demi jualan JIMAT hadits Nabi diplintir seenak wudelnya sendiri..
Matan hadits :
كنا نرقي في الجاهلية ..
Diartikan :
"Kita selalu membuat azimat (dan semacamnya).."
اعرضوا علي رقاكم لا بأس بالرقى ما لم يكن فيه شرك
"Coba tunjukan azimatmu itu padaku, MEMBUAT AZIMAT tidak apa2 selama di dalamnya tidak terkandung kesyirikan.."
Darimana pemaknaan semacam ini berasal ?? Siapa ulama yg mengatakan bahwa hadits tsb berkaitan dgn MEMBUAT JIMAT ??? Dalam syarah siapa perkataan itu disebut sbg MEMBUAT JIMAT ??
Allahul musta'an.. ini adalah sebuah PEMBODOHAN dan PENIPUAN yang NYATA !!!
Azimat (عزيمة) dalam bahasa Arab memang betul posisinya sebagai murodif (sinonim) dari kata "RUQYAH" yg maknanya adalah al-'Audzah (jampi/mantra/suwuk)..
Lalu kapan orang arab menyebut ruqyah dengan kata "RUQYAH"... ?
إذا عوّذ و نفث
Yakni "apabila seseorang membaca jampi2 sambil meniup.." (Al-Mishbah 1/232)
Jadi, al-'Azimah asy-Syar'iyyah adalah mantra/jampi yg tidak mengandung unsur syirik yg DIBACA dan DITIUPKAN...
karena AZIMAH adalah RUQYAH dan RUQYAH adalah AZIMAH...
Ruqyah bukan DIBUAT, DITULIS, atau DIKREASIKAN menjadi wujud sebuah BENDA... itu ngawur dan salah..
Klo wujudnya gantungan, namanya bukan Ruqyah melainkan Tamimah..
Klo wujudnya jarum atau peniti namanya Al-Kharzu..
Klo wujudnya benang yg diikatkan di pinggang anak kecil namanya Al-Hiqob..
Klo wujudnya benang yg dipilin namanya At-Tahwithah.. dll..
Jika tetap ngeyel menyebutnya sebagai 'Azimah.. maka penyebutan tsb sudah masuk ke dalam penerjemahan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)...
Makna dan artinya pun sudah berbeda dengan Azimah dalam pengertian bahasa Arab...
Azimah dalam KBBI diartikan :
"Barang yang dianggap mempunyai kesaktian dan dapat melindungi pemiliknya, digunakan sebagai penangkal penyakit dsb.."
Dalam penerjemahan KBBI JIMAT bukan lg sinonim dari kata RUQYAH, tak harus berupa tulisan, tapi bisa berupa :
1.Keris
2.Pusaka
3.Cincin akik
4.Tongkat kayu
5.Tusuk konde
6.Kantong gembolan
7.Telur angsa
8.Tulang babi
9.Sabuk
Dsb...
Maka sangat tidak tepat jika JIMAT (dlm pengertian KBBI) disamakan dgn RUQYAH...
Karena dari pengertian dasarnya saja sudah menyimpang dari pengertian ruqyah dan kaedah pembolehan ruqyah yg di-ijma'kan para ulama di poin yg ketiga :
أن يعتقد أن الرقية لا تؤثر بذاته بل بذات الله تعالى
"Harus diyakini bahwa ruqyah tidak memberikan efek apapun kecuali dengan izin Allah Ta'ala.."
Berhati-hatilah banyak oknum yg hendak menunggangi RUQYAH untuk mempromosikan perdukunan..
Wallahu a'lam bish shawwaab...
Ustad Muhamad Faizar