Rabu, 20 Februari 2013

INDIGO DALAM PANDANGAN ISLAM




MUKADIMAH QUR'AN

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (al-Isra: 36)

"Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidaklah jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering melainkan tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh )." (Al-araf : 59)

“Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki diantara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki diantara jin, maka jin-jin itu menambah dosa bagi mereka.” (Q.S. Al Jin : 6)

MUKADIMAH HADITS

“Kunci-kunci perkara ghaib itu ada lima dan tidak ada yang mengetahuinya melainkan Allah: Tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi besok kecuali Allah; tidak ada seorangpun yang mengetahui apa yang ada di dalam rahim kecuali Allah; tidak ada satu jiwapun mengetahui apa yang akan diperbuatnya besok; tidak mengetahui di negeri mana (seseorang) meninggal kecuali Allah; tidak ada yang mengetahui kapan turunnya hujan melainkan Allah; dan tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat kecuali Allah.” (HR. Al-Bukhari dan Ahmad)

Dari ‘Aisyah ra. ia berkata: Beberapa orang bertanya kepada Rasulullah tentang dukun-dukun. Rasulullah berkata kepada mereka: “Mereka tidak (memiliki) kebenaran sedikitpun.” Mereka (para shahabat) berkata: “Terkadang para dukun itu menyampaikan sesuatu dan benar terjadi.” Rasulullah menjawab: “Kalimat yang mereka sampaikan itu datang dari Allah yang telah disambar (dicuri, red) oleh para jin, lalu para jin itu membisikkan ke telinga wali-walinya sebagaimana berkoteknya ayam dan mereka mencampurnya dengan seratus kedustaan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim )

"Barang siapa yang mendatangi seorang dukun dan bertanya sesuatu maka dia tidak akan diterima sholatnya selam empat puluh hari." (HR. Muslim)

LATAR BELAKANG

Di akhir zaman ini telah banyak muncul tanda-tanda kiamat yang merupakan rangkaian huru-hara yang menjadi awal tanda terjadinya kiamat. Dari kerusakan moral manusia sampai kemusyrikan merajalela dimana-mana. Banyak orang pandai malah bingung sendiri alias pinter keblinger. Yang bodoh semakin terpuruk dan tertindas. Hukum bisa dijual beli. Merajalelanya minuman keras dan perzinaan bebas. Dan lain sebagainya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Karena tanda kiamat kecil sangat banyak sekali yang telah terjadi dizaman kita ini. Bahkan kata salah seorang ulama hampir 98 % telah terjadi. Sehingga bisa dikatakan tanda kiamat besar akan muncul sebentar lagi. Seperti terbitnya matahari dari barat. Munculnya dajjal yang akan mengubah dunia dengan penuh kerusakan. Lalu turunnya nabi Isa as dari langit untuk membunuh dajjal dan sebagainya.

Namun ditengah semua itu, kita tidak akan membicarakan tanda-tanda kiamat kecil itu satu persatu. Tapi yang akan kita bicarakan disini adalah fenomena aneh yang disebut dengan munculnya anak-anak berkemampuan aneh dan mistis yang disebut “anak indigo”. Indigo adalah istilah yang sedang tren dimasyarakat sekarang ini. Baik dimedia cetak maupun elektronik banyak yang membicarakan tentang indigo dan seluk beluk kehidupan mereka. Bahkan ada yang mau meluangkan waktu dan mendermakan biaya untuk penelitian anak-anak indigo ini. Istilah indigo telah banyak dikenal orang, namun dalam kenyataannya mereka tidak tahu sebenarnya indigo itu apa dan siapakah mereka. Banyak orang memandang mereka dari sisi ilmu psikologi, sosial peradaban, supranatural dan sebagainya mereka menganggap anak-anak seperti itu adalah juru selamat peradaban manusia bumi. Begitulah kata sebagian ilmuwan yang menyibukkan diri dalam pembahasan yang menyangkut indigo. Padahal lain lagi jika kita mau membicarakan indigo ini dalam pandangan / perspektif islam. Apakah menurut islam, indigo adalah sebuah hal yang menguntungkan atau justru sebaliknya penuh dengan kemungkaran. Hal itu kita akan bicarakan nanti.

Ada sebagian orang dengan ngawur mengatakan bahwa sebelum kiamat tiba akan muncul generasi indigo yang akan membangun dunia dengan kemajuan yang pesat. Padahal kemampuan mereka (indigo) hanya terbatas pada hal yang aneh-aneh (ramal meramal dan baca pikiran orang) bagaimana mungkin orang-orang aneh dapat membangun dunia dalam kemajuan. Padahal diri mereka sendiri tidak kenal mereka itu siapa? Padahal islam malah memandang orang yang suka meramal dan mengaku bisa baca pikiran orang, orang tersebut pasti bersekutu dengan jin (musyrik). Padahal Allah SWT hanya mengkaruniai kemampuan lebih kepada Nabi, Rasul atau orang tertentu / wali-Nya saja. Sedangkan banyak mereka yang mengklaim kelebihan indigo adalah karunia Tuhan padahal bisa jadi itu adalah tipu daya setan. Karena kenyataannya saya belum pernah melihat atau mendengar seorang indigo pandai mempelajari kitab Qur’an maupun hadits dan membangun sebuah kemajuan dakwah islam. Dan kemampuan mereka lebih condong kepada hal-hal yang bersifat mistik dan ada hubungannya dengan dunia jin.

Ada pula yang mengaitkan indigo pada isu (bualan) kiamat pada tahun 2012. Isu kiamat ini konon dicetus pertama kali oleh musyrikin dari suku maya (sebuah suku kuno amerika). Kemudian dipopulerkan oleh ilmuwan-ilmuwan kafir yang sok tahu namun sebenarnya mereka bodoh. Padahal sudah jelas tak ada yang tahu kiamat melainkan hanya Tuhan (Allah SWT) saja. Umat islam yang percaya akan isu kiamat maka sungguh itu pertanda rapuhnya akidahnya. Padahal orang yang rapuh akidahnya tentu saja mudah diperdaya oleh setan-setan penyesat terlaknat. Ada satu fakta lagi tentang konspirasi isu kiamat 2012 ini. Yaitu konspirasi pengikut ajaran dajjal untuk menyebarkan ajaran kesesatannya yaitu bahwa berita tentang masa depan ada sebagian manusia yang bisa meramalkannya. Padahal pernah ada seorang peramal yang sering muncul dilayar televisi (mama lauren laknatullah) yang suka yang membicarakan tentang hal-hal musyrik (ramal meramal) lalu dia pernah ditanya tentang apa yang akan terjadi ditahun 2012. Memang jawaban orang-orang musyrik jika ditanya sesuatu kadang selalu senada. Yaitu dia mengklaim bahwa tahun 2012 akan datang kiamat akan tetapi justru sebelum tahun 2012 datang dia mampus duluan, naudzubillah . Semoga Allah menjauhkan kita dari kematian su’ul khotimah (mati yang buruk) seperti ahli musyrik seperti mereka.

Itulah akibat suka meramal rahasia Allah SWT (peristiwa masa depan), mereka mati konyol mati seperti itu adalah awal dari kesengsaraan abadi diakhirat, naudzubillah . Padahal nabi Muhammad saw pernah ditanya tentang kapan kiamat, beliau menjawab beliau tidak tahu dan hal itu adalah rahasia Allah SWT. Dalam Al-Qur’an dinyatakan :
“(Dia adalah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu.” Al Jin(72):26

Kesimpulan daripada ayat tersebut adalah siapapun yang mengaku mengetahui hal yang ghoib semacam meramal kejadian dimasa depan atau mengaku bisa mengetahui kapan kiamat tiba maka dia telah dianggap murtad kafir karena telah mengingkari ajaran akidah islam !. Orang seperti itu telah banyak muncul diberbagai belahan dunia ini. Ternyata orang seperti itu justru banyak dipuja-puja dan diberi tempat yang nyaman untuk berbicara seenaknya bahkan diberi income yang besar dari sebuah perusahaan entertainmen tertentu. Akan tetapi ketika ustadz atau ulama yang angkat bicara tentang masalah ini banyak diantara mereka yang justru malah menutup telinga / tidak memperdulikan. Inilah tanda kiamat, orang bodoh dipuja-puja orang alim dijauhi. Saat ini para kaum supranaturalis yang disebut dengan indigo tengah dipuja-puja sebagai tokoh pembaharuan dimasyarakat. Kata-kata konyol mereka selalu dipajang dilayar hape maupun majalah-majalah sekuleris. Kebanyakan fans (pengikut) mereka adalah remaja-remaja labil yang masih gampang dikibuli orang kafir. Yang masih percaya dengan hal tahayul (musyrik) seperti ramalan bintang, ramalan nasib, ramalan hari baik dan sebaginya. Itu artinya para indigo adalah ladang pengeruk uang bagi sebagian kaum kapitalis. Namun masyarakat banyak yang tidak sadar akan hal itu. Kita banyak dibodohi dan dimurtadkan secara halus namun sebagian kita banyak yang tidak sadar. Padahal pemikiran mereka itu serba nyeleneh dan penuh dengan kemusyrikan. Jika dibiarkan maka yang terjadi hanyalah kerusakan akidah yang berujung pada bencana moral dan alam sekitar. Akibat dari realitas tersebut telah kita lihat dampaknya yaitu pergaulan bebas dan rusaknya moral remaja adalah akibat dari penjajahan kaum kapitalisme kepada pemikiran moral masyarakat kita.

Kata sebagian orang “Orang-orang Indigo adalah generasi supranaturalis yang mampu memadukan teori-teori sains dan teknologi informatika dengan kemampuan supranatural mereka. Teori-teori fisika seperti mekanika kwantum, gelombang elektromagnetik (cahaya dan listrik), medan magnit, dan teori relativitas dipadu dengan teori biokimia seperti genetika, biologi molekuler, sistem hormonal tubuh dan diolah dengan kemampuan supranatural mereka seperti kekuatan pikiran, perasaan dan kehendak. Dan kemampuan ini benar-benar kemampuan mandiri di mana semakin sedikit peran dari “kekuatan lain”. Dengan kata lain mereka mengklaim mampu memiliki kehendak sendiri untuk mengatur sebagian alam semesta ini. Padahal tidak ada kekuatan yang mengatur segalanya melainkan hal itu Allah sajalah yang Maha Pengatur. Dalam poin ini mereka adalah orang-orang musyrik yang takabur.

Belum lagi dalam sebuah cerita tentang mereka (anak indigo). Ternyata ada kaitannya tentang konspirasi makar (rencana terselubung) yang sedang dijalankan para pengikut dajjal untuk merusak dunia ini. Misalnya sebut saja anak indigo yang bernama Akiane, berumur 10 tahun, mengatakan bahwa pada saat berumur 4 tahun, dia mendapat penglihatan bertemu dengan tuhan (red : yang pasti tuhan palsu) dan bertemu orang-orang baru. Ia mendapat inspirasi dari Tuhan untuk menggambar, menulis puisi, dan berbagi talenta-Nya dengan orang lain. Ia sering menggambar berbagai benda tanpa mengerti maknanya, seperti misalnya piramid. Ia berkata, Saya mulai mengerti bahwa ini adalah Tuhan; ini semuanya Tuhan. Ia membantu saya melalui bakat seni saya; Ia membantu saya lewat puisi saya, kehidupan saya, dan kehidupan orang lain. Ia menjaga saya seperti layaknya saya seekor kupu-kupu kecil. Saya ingin karya seni saya menarik perhatian orang kepada Tuhan dan saya ingin puisi saya menjaga perhatian orang kepada Tuhan.Salah satu puisinya berbunyi: Pada hari kelahiranku, aku berjumpa dengan diriku sendiri. Pada hari kelahiranku, aku berjumpa dengan ibuku yang masih muda. Pada hari kelahiranku, aku berjumpa dengan Kristus yang sedang tidur di ayunanku.

Coba perhatikan cuplikan riwayat cerita anak indigo tersebut. Jika dia mengatakan suka menggambar pyramid maka jangan-jangan hal itu ada kaitannya dengan symbol setan berupa piramida bermata satu yang sering dipuja-puja oleh bangsa yahudi. Dan symbol ini digunakan untuk menjalankan makar jahat mereka. Ketika Ia berkata, Saya mulai mengerti bahwa ini adalah Tuhan; ini semuanya Tuhan. Hal itu menunjukan bahwa hal ini adalah ajaran akidah sesat dan batil yang diyakini para ahli kalam (sufi) dan orang-orang nasrani yang meyakini akidah wihdatul wujud. Kemudian dia mengaku bertemu kristus (barangkali jesus yang nempel disalib) entah itu dalam mimpi atau alam bawah sadarnya. Itu berarti bahwa indigo selalu menjadi bahan permainan setan. Kita patut kasihan dengan mereka karena mereka tidak dapat hidup normal layaknya manusia biasa, hal itu terkadang mereka sering dikucilkan teman atau orang sekitarnya karena perilakunya dianggap kurang waras. Selain itu mereka menjadi alat permainan setan dalam menyesatkan manusia. Jika anda menemukan seorang anak indigo maka tak ada salahnya anda menasehatinya supaya jangan terpengaruh bujuk rayu setan yang mempengaruhi pikirannya. Dan ajakalah mereka supaya bertaubat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya pengaruh setan bisa terlepas dari alam pikirannya.


APA ITU INDIGO ¿

Indigo adalah istilah yang baru populer diawal abad 21. Dan kebanyakan dari mereka adalah anak -anak yang lahir pada awal abad 21 ini. Menurut wikipedia Anak indigo atau anak nila (bahasa Inggris: Indigo children) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa, dan bahkan supranatural atau mistik. Konsep ini merupakan ilmu semu (ilmu asal tebak) yang didasarkan dari gagasan Zaman Baru pada tahun 1970-an. Konsep ini mulai terkenal setelah diterbitkannya beberapa buku pada akhir tahun 1990-an dan dirilisnya beberapa film satu dasawarsa kemudian. Interpretasi mengenai indigo ada bermacam-macam: dari yang meyakini bahwa mereka adalah tahap evolusi manusia selanjutnya (yang bahkan mempunyai kemampuan paranormal seperti telepati) hingga yang menyebut anak indigo sebagai orang yang lebih empatik dan kreatif.

Konsep anak indigo pertama kali dikemukakan oleh cenayang Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Pada tahun 1982, Tappe menerbitkan buku Understanding Your Life Through Color (Memahami Hidup Anda Melalui Warna) yang menjelaskan bahwa semenjak pertengahan tahun 1960-an, ia mulai menyadari bahwa ada banyak anak yang lahir dengan aura "indigo"(dalam publikasi lain Tappe juga mengatakan bahwa warna indigo atau nila berasal dari "warna kehidupan" anak yang ia dapatkan melalui sinestesia. Gagasan ini kemudian dipopulerkan oleh buku yang berjudul The Indigo Children: The New Kids Have Arrived (Anak Indigo: Anak-anak Baru Telah Tiba) pada tahun 1998. Buku ini ditulis oleh Lee Carroll dan Jan Tober. Pada tahun 2002, konferensi internasional untuk anak indigo yang dihadiri oleh kurang lebih 600 orang diadakan di Hawaii. Konferensi pada tahun-tahun berikutnya diadakan di Florida dan Oregon. Beberapa film bertajuk indigo juga telah dibuat, seperti Indigo pada tahun 2003 yang disutradarai oleh James Twyman. Film mengenai indigo juga dirilis di Rusia pada tahun 2008.(wikipedia)

Menurut saya indigo ada kaitannya dengan fenomena dekatnya hari kiamat. Karena kiamat akan tiba setelah muncul berbagai mata rantai huru hara sebagai awal tanda datangnya kiamat. Anak-anak yang disebut sebagai indigo katanya mempunyai kemampuan yang luar biasa. Kemampuan luar biasa disini mencangkup hal-hal yang mistis yang kadang sulit dipercaya oelh akal manusia normal. Menurut cerita kadang si Anak indigo kadang bisa melihat makhluk halus, kadang pula punya firasat yang kuat tentang sebuah realitas yang belum terjadi, konon juga katanya bisa baca pikiran orang, bisa baca tulisan dengan mata terpejam dan sebagainya.

Akan tetapi saya sering bertanya-tanya dalam pikiran saya. Kenapa setelah muncul isu kiamat 2012 lalu istilah "indigo" ini menjadi populer karena sering dikaitkan dengan isu bualan kiamat 2012. Padahal isu kiamat 2012 adalah konspirasi musuh-musuh islam untuk merusakkan pikiran manusia. Jadi bila begitu lalu saya bertanya kedua kalinya, apakah mungkin indigo ini ada kaitannya dengan dunia jin. Apakah juga ini ada kaitanya dengan dajjal laknat yang akan muncul diakhir zaman nanti. Apakah juga anak-anak indigo ini adalah anak anak manusia pilihan dajjal untuk dijadikan prajuritnya dengan meminta bantuan jin jin jahat untuk mengganggu jiwa manusia. Sehingga saya tidak tahu apakah akhirnya tindak tanduk indigo yang katanya adalah anak-anak jenius yang akan membangun sebuah peradaban maju ternyata malah adalah jiwa jiwa yang akan memuluskan rencana besar dajjal. Yaitu memurtadkan seluruh manusia dari kebenaran. Wallahu'alam. karena hal itu hanya perkiraan saya yang tidak tahu menahu tentang dunia mereka sama sekali. Dan yang pasti Hanya Allah SWT yang mengetahui apa arti dibalik semua ini. Karena makhluk baik atau makhluk jahat hanya Dia yang bisa menciptakan.

Anak-anak indigo seringkali tindak tanduknya mirip anak autis. Kadang bicara sendiri, kadang malah bicara dengan bahasa yang tidak dikenal, kadang mengaku pernah bertemu lelembut atau jin, kadang pula mengaku bertemu tuhan, naudzubillah. Entah tuhan macam apa yang mereka lihat. Barangkali itu adalah tipu daya iblis dan dajjal yang mau menyesatkan manusia. Padahal akidah islam yang shahih mengajarkan bahwa Allah SWT tidak dapat dilihat didunia oleh siapapun juga baik itu Nabi, Rasul apalagi orang awam. Allah SWT hanya dapat kita lihat diakhirat kelak, InsyaAllah. Dan bukti bahwa Allah Yang Maha Ghaib dan Maha Nyata tidak dapat kita lihat dialam dunia adalah sesuai hikmah cerita nabi Musa Alaihissalam pada waktu beliau memohon untuk melihat Tuhannya. Akan tetapi Allah SWT menolak karena Allah SWT tahu kalau nabi Musa as. Tidak akan mampu untuk melihat-Nya secara langsung. Tetapi nabi Musa tetap angku dengan pendiriaannya untuk melihat Allah SWT. Lalu Allah SWT pun mengabulkan, Namun sebelum Allah SWT menampakkan diri kepada nabi Musa As. untuk menunjukan kebesaran-Nya Allah menampakan sedikit wujudnya kepada gunung namun yang terjadi gunung yang kokoh berdiri dalam sekejap menjadi hancur luluh rata dengan tanah, seketika itu pula Nabi Musa As. Pingsan dan kemudian memohon ampun kepada Allah SWT atas sifat angkuhnya. Hal itu menunjukan bahwa nabi Musa saja tidak bisa melihat Allah SWT. Apalagi kita yang awam dan tak tahu menahu tentang ilmu islam khususnya hal yang ghaib. Hal itu tercantum dalam al-Qur’an :

"Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: 'Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau'. Tuhan berfirman: 'Kamu sekali-kali tidak sanggup melihatKu, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihatKu'. Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan." (Al-A'raf: 143).

Jika ada diantara kita entah itu orang biasa atau orang semacam indigo dan semacamnya mengaku pernah melihat Tuhan barangkali hal itu adalah tipu daya setan. Setan menjelma menjadi bentuk tertentu kemudian memperlihatkan diri kepada korbannya dan setanpun mengaku tuhan dihadapannya. Akhirnya manusia yang dangkal keimanannya pasti mudah disesatkan mereka sehingga terjerumus kedalam kesyirikan. Naudzubillah

Namun apakah misteri dibalik semua itu. Kesimpulan kasar saya indigo adalah anak-anak manusia yang diganggu oleh bangsa jin. Kemampuan luar biasa mereka barangkali didapatkan dari jin yang menjadi partnernya. Namun semua pernyataan saya itu semua hanya sebuah ide pemikiran yang belum tentu kebenarannya. Tapi bagaimanakah islam memandang fenomena ini. Mari kita simak pembahasan selanjutnya

TENTANG DAN CIRI-CIRI DAN WATAK MEREKA

Berikut ini adalah kutipan ciri-ciri mereka 
Meskipun tidak ada satu bukti penelitian pun yang membuktikan keberadaan anak indigo atau sifat mereka, fenomena ini menarik perhatian orang tua yang anaknya didiagnosis mengalami kesulitan belajar atau yang ingin anaknya spesial. Kaum skeptik memandangnya sebagai cara orang tua menghindari penanganan pediatrik atau diagnosis psikiatrik yang tepat. Daftar sifat yang dimiliki anak indigo juga dikritik karena terlalu umum sehingga dapat diterapkan untuk hampir semua orang (efek Forer). Terkadang fenomena indigo dituduh pula sebagai alat untuk menambang uang dari orang tua yang mudah ditipu. Dalam artikel ini, ada baiknya kita ketengahkan artikel mengenai Indigo Children atau anak indigo (anak nila), sebuah istilah yang mungkin baru sekarang ini dikenal oleh sebagian besar pembaca, anak indigo ini sebagian besar baru dilahirkan pada generasi saat ini.

Anak-anak Indigo adalah anak generasi masa kini yang dilahirkan saat ini dan sebagian besar baru berumur 12 tahun atau kurang. Mereka berbeda dari anak-anak yang lain. Mereka mempunyai ciri-ciri yang unik yang membedakan mereka dari anak-anak generasi sebelumnya, sebutan yang diberikan juga menandakan warna kehidupan yang disandang auranya. Mereka adalah anak-anak yang seringkali memberontak, tidak patuh pada norma-norma sosial dan adat-istiadat, sangat emosional dan kadang mempunyai fisik yang peka dan rapuh, sangat berbakat, sangat pandai dan juga dikaruniai bakat metafisika, biasanya intuitif, seringkali dicap ADD (Attention Deficit Disorder) / telmi alias telat mikir karena mereka sulit memusatkan perhatian. Selain itu mereka memiliki sifat sangat empatik dan sangat simpatik, dia sangat dingin dan tidak berperasaan, dan bijaksana melebihi usianya.

Para indigo ini dilahirkan dengan berbagai tantangan yang sulit dikendalikan. Tingkat kepekaannya yang ekstrim sulit dipahami ataupun dihargai oleh orang tua yang tidak memiliki kecenderungan seperti ini. Anugerah bakat yang dimilikinya luar biasa dan sangat bernilai, ketidak patuhannya pada nilai-nilai sosial dan kedisiplinan membuat mereka memperoleh banyak kesulitan dalam menjalani masa kecilnya dan mungkin juga saat mereka dewasa nanti. Itu jugalah yang akan membantunya mencapai cita-citanya yang demikian tinggi seperti misalnya menjanjikan sebuah misi.

CIRI-CIRI MEREKA

Beberapa ciri anak indigo adalah:

· Empatik, penuh rasa ingin tahu, berkeinginan kuat, independen, dan sering dianggap aneh oleh teman dan keluarga
· Mengenal dirinya dan memiliki tujuan yang jelas
· Memiliki spiritualitas di bawah sadar yang kuat semenjak kecil
· Meyakini bahwa dirinya layak untuk berada di dunia.
· Memiliki IQ yang tinggi, mempunyai kemampuan intuitif, dan
· Sering menolak mengikuti aturan atau petunjuk.

Menurut Tober dan Carroll, anak indigo mungkin tidak memiliki performa yang baik di sekolah karena menolak mengikuti aturan, lebih pintar (atau lebih matang secara spiritual) dari guru mereka, dan kurang tanggap terhadap disiplin yang didasarkan kepada rasa bersalah, takut atau manipulasi.

Wency Chapman mendiskripsikan ciri-ciri anak indigo, berdasarkan apa yang dialaminya :

· Mereka ingin diperlakukan sebagai raja atau ratu.
· Mereka merasa pantas berada di dunia ini.
· Mempunyai perasaan yang jelas mengenai dirinya.
· Mempunyai masalah dengan disiplin dan otoritas.
· Seringkali menolak melakukan sesuatu yang disuruhkan padanya.
· Mengantri merupakan siksaan baginya.
· Mereka frustasi pada tata cara yang bersifat ritual yang hanya membutuhkan sedikit kreatifitas.
· Mempunyai cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu, baik di rumah maupun di sekolah.
· Tidak patuh pada norma-norma sosial.
· Menolak mengakui kesalahannya.
· Cepat merasa bosan pada tugas yang harus dilakukannya.
· Menunjukkan gejala ADD (Gangguan kurang dapat memusatkan perhatian).
· Sangat kreatif.
· Memiliki intuisi yang tajam.
· Mempunyai rasa empati terhadap orang lain.
· Menunjukkan pemikiran abstrak sejak sangat dini.
· Sangat cerdas.
· Sangat berbakat (bisa dikatakan telah diberi karunia kemampuan psikik tertentu).
· Seringkali melamun.
· Mempunyai pandangan mata yang dewasa, tajam dan bijaksana.
· Mempunyai kecerdasan spiritual.

Sekarang mari kita bandingkan dengan kriteria anak berbakat dan kreatif yang dibuat oleh sebuah organisasi nasional nirlaba yang merangkul dan menolong anak-anak yang sangat berharga ini. Mereka mendaftar karakteristik berikut ini untuk membantu Anda mengidentifikasi apakan anak Anda berbakat:

· Punya kepekaan yang sangat tinggi.
· Punya energi yang berlebihan.
· Mudah merasa bosan, mempunyai rentang perhatian yang sempit.
· Butuh pendampingan orang dewasa yang stabil secara emosi agar dia merasa aman berada di dekatnya.
· Akan menentang otoritas kalau orientasinya tidak demokratis.
· Punya cara belajar favorit, terutama dibidang membaca dan matematika.
· Mudah frustrasi karena mereka biasanya memiliki gagasan yang besar, namun kurang memiliki rekan atau orang yang bisa membantu mereka mewujudkan gagasan itu sampai berhasil.
· Belajar dengan cara berekplorasi, menolak cara hafalan atau hanya sekedar menjadi pendengar.
· Tidak dapat duduk tenang kecuali kalau perhatiannya terserap pada hal yang sangat menarik perhatiannya.
· Kalau mengalami kegagalan dini, mereka mudah menyerah dan mengalami hambatan belajar secara permanen.

LALU BAGAIMANAKAH PANDANGAN ISLAM TERHADAP INDIGO ¿

Indigo berdasarkan kemampuannya biasanya memiliki kemampuan untuk menembus dimensi lain (masa depan) atau melihat makhluk-makhluk halus di sekitarnya bahkan berinteraksi dengan mereka yang biasa disebut kemampuan interdimensional. Dalam keyakinan islam, yang memiliki kelebihan melihat jin dan masa depan hanyalah wali Allah saja, yaitu orang-orang yang senantiasa dekat dan dicintai oleh Allah SWT. Apakah ini berarti setiap indigo adalah orang-orang yang senantiasa dekat dan dicintai oleh Allah ? Padahal telah dijelaskan dalam hukum melihat makhluk halus yaitu siapa saja yang dapat melihat makhluk halus hanyalah Rasul, Nabi, dan para Waliullah. Manusia tidak dapat melihat jin dalam bentuk yang asli karena Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

“Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan, sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu-bapakmu dari surga; ia menanggalkan pakaiannya dari keduanya untuk memperlihatkan–kepada keduanya–‘auratnya. Sesungguhnya, ia (iblis/setan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang (di sana) kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya, Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.” (Qs. Al-A’raf:27)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala pada ayat ini, “Sesungguhnya, ia (iblis/setan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang (di sana) kamu tidak bisa melihat mereka,” menunjukkan bahwa manusia tidak dapat melihat jin, yaitu pada bentuk mereka yang asli.
Ketika menjelaskan hadis Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu yang menangkap setan, Al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan, “Setan terkadang menjelma dengan berbagai bentuk sehingga memungkinkan (bagi manusia) untuk melihatnya. Firman Allah ta’ala, ‘Sesungguhnya, ia (iblis/setan) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang (di sana) kamu tidak bisa melihat mereka,’ dikhususkan pada kondisi bentuknya (yang asli) yang Allah telah ciptakan.” (Fathul Bari, penjelasan hadis no. 2311)

Dari sini dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa kita mengetahui bahwa setan terkadang menjelma dalam bentuk manusia, hewan, atau lainnya. Demikian juga, setan itu sangat pendusta. Jangan sampai manusia tertipu olehnya. Jika manusia dangkal akidahnya tentang islam maka yang terjadi adalah dia mudah sekali tertipu syaitan laknatullah alaih. Oleh karena itu kita wajib membentengi kita dan keluarga kita dengan ilmu-ilmu akidah islam yang benar sesuai pemahaman rasulullah saw. Selain itu kita imbangi pula dengan amalan-amalan yang dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT dan menjauhkan dari bahaya kemusyrikan. Misalnya puasa, sholat tahajud, dzikir petang dan sebagainya.

Sebab Mengapa Orang Mengaku Bisa Melihat Jin

menurut Ustadz Ahmad Abu Musa Ada 3 kemungkinan dari penglihatannya jin yang terjadi pada manusia, yaitu :
1. Ada jin (baik satu maupun lebih ) yang bersemayam dalam dirinya, sehingga orang yang disemayami mampu melihat "teman" dari jin yang bersemayam tersebut. Tentu saja, orang tersebut bisa melihat jin dan orang lain tidak bisa melihat karena orang lain tidak disemayami jin. Artinya seorang yang mengaku melihat setan sebenarnya pikirannya sedang dikuasai setan. Sehingga seolah-olah dia yang melihat makhluk halus itu padahal dia itu diperlihatkan oleh setan bukan dia sendiri yang melihat secara langsung.

2. Jin menyamar menjadi bentuk lain seperti hewan atau benda, dalam hal ini menyebabkan semua manusia mampu melihat jin tersebut. Dan perlu diingat, Allah SWT telah menciptakan alam nyata untuk manusia dan alam ghoib untuk bangsa jin. Maka jika jin memperlihatkan diri di alam manusia, akan memerlukan energi yang besar . Dan hal itu belum termasuk hukuman dari Allah SWT karena telah melanggar hukum yang telah diciptakan Allah SWT. Karena Allah SWT telah membuat hukum bagi bangsa jin yaitu haram hukumnya menampakan diri didepan manusia tanpa seijin Allah SWT.

3. Kemungkinan yang terakhir adalah orang yang melihat jin tersebut melakukan dusta atas penglihatan jinnya. Karena kadang karena barangkali pikirannya sedang kacau atau mabuk pada waktu melihat pohon dikira melihat hantu misalnya. Atau karena kepentingan tertentu seperti urusan uang. Kemudian orang itu rela berbohong tentang hal seperti itu.

Kenapa orang bisa menderita ‘indigo’ ?

Indigo adalah fenomena luar biasa menurut sebagian orang dan patut disyukuri sebagai sebuah karunia Tuhan. Begitulah kata sebagian orang yang dangkal tentang akidah islam. Padahal islam memandang hal itu lebih mengarah kepada hal yang sifatnya syirik. Menurut Ustadz Abu Musa, kemungkinan ada salah satu dari leluhur anak indigo yang melakukan persekutuan dengan jin. Ini menyebabkan ada jin yang bersemayam dalam diri keturunannya. Lalu, apa ya orang indigo bisa memprediksi masa depan?
Itu sebenarnya kerjaan dari jin yang bersemayam dalam dirinya.[tentu jin musyrik] yang banyak bertapa sehingga memiliki kekuatan yang besar dan mampu meramalkan masa depan[dan bisa jadi itu semua skenario jin tersebut]

Apa anak indigo mampu melihat ruh orang yang sudah meninggal? Sebagai seorang muslim, kita wajib tidak percaya pada hal tersebut, kenapa? karena alam sesudah kematian di Dunia adalah alam barzah. di alam barzahlah kita akan ditanya oleh 2 malaikat [Munkar dan Nakir] dan setelah ditanya, apakah amalan kita baik atau buruk, maka jika buruk kita akan mendapatkan siksa kubur dan jika baik Allah akan membukakan pintu surga sehingga bau surga yang wangi akan senantiasa semerbak di kubur kita. Adapun masalah melihat orang meninggal, itu sebenarnya bukanlah orang yang sudah meninggal, itu adalah sifat kurang kerjaan dari jin musyrik yang menyerupai orang yang sudah meinggal. Untuk menakut-nakuti orang bodoh atau untuk menyesatkan orang-orang disekitar situ.

Apa anak indigo bisa dihilangkan kemampuannya itu?

Bisa, yaitu dengan metoda ruqyah, yaitu membacakan ayat Allah SWT disampin orang yang memiliki indigo. Namun, perlu kita tahu, jika seorang itu merupakan indigo kuat[jin yang didalamnya kuat] maka akan lebih lagi tingkatan dalam ruqyahnya, namun tetap saja bisa dihilangkan selama ia mau untuk menghilangkannya.

Demikian sedikit ulasan tentang pembahasan tentang indigo dalam pandangan agama islam dari majelis ashabul muslimin. Yang salah datangnya dari kami. Segala kebenaran milik ALLAH SWT yang MAHA BENAR. Semoga Allah SWT melindungi kita dari fitnah akhir zaman dan fitnah dajjal beserta ajarannya, amiien.

Wallahu alam Bishowab